Saturday, September 7, 2019

12 Rangkaian Festival Budaya di Bulan Oktober

Festival Keraton Nusantara (FKN) XI berlangsung 15-19 September 2017 di kota Cirebon, Jawa Barat yang dimeriahkan dengan gelaran kesenian dan kebudayaan dari 50 kesultanan dan raja-raja yang ikut dalam festival budaya tersebut.

Waktu yang tepat untuk menyambangi sebuah destinasi adalah ketika festival budaya digelar.

Anda bisa mengenal sebuah daerah lewat festival budayanya. Beruntung, Indonesia punya banyak festival budaya yang digelar di berbagai daerah. Berikut daftar festival budaya bulan Oktober 2018 seperti dihimpunKompasTravel.

Festival Kerinci atau Festival Masyarakan Peduli Danau Kerinci (FMPDK), merupakan acara tahunan Kabupaten Kerinci yang telah masuk dalam agenda pariwisata nasional. Festival ini akan diselenggarakan pada tanggal 3 7 Oktober 2018 di Kawasan Wisata Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Pada Festival Kerinci kali ini akan menampilkan pawai budaya, tarian masal, lomba parno adat dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Kerinci, serta lomba seni budaya. Selain itu, juga terdapat stan kuliner untuk memanjakan lidah para pengunjung.

Suku Asmat di Papua terkenal dengan kemampuannya membuat karya ukiran tanpa sketsa. Untuk itulah hadir Festival Budaya Asmat setiap tahunnya yang menyoroti hasil karya suku Asmat ini.

Acara ini akan diadakan pada tanggal 4 hingga 9 Oktober 2018 dengan tema Kumandangkan Lagu dan Tifa. Di Asmat, lagu adalah nyawa dari sebuah perayaan pesta di Asmat.

Festival Keraton Nusantara merupakan sebuah ajang pertemuan antara raja raja yang tersebar diseluruh penjuru nusantara.

Acara ini melibatkan 50 istana yang ada di Indonesia dan tahun ini acara ini akan digelar di Sumenep, Jawa Timur pada 13 18 Oktober.

Festival kali ini merupakan gelaran ke 12 dengan menghadirkan pameran benda-benda suci, pertunjukan seni, seminar budaya, pertemuan raja-raja dan kesultanan di seluruh Nusantara, serta pertunjukan upacara budaya dan Kirab Prajurit Keraton.

No comments:

Post a Comment